23 August 2017

Segelas Kopi Kaya Wejangan #1


Pagi yang cerah menyambut hari ini, sebelum memulai aktivitas, gue sempatkan diri untuk meneguk segelas kopi hitam kaya wejangan di warung kopi depan kosan.  Setiap pagi selalu ada hal baru yang dapat dipetik dari ngopi di warung ini, hal baru yang selalu gue dapat yaitu wejangan seorang bapak pemilik warung kopi ini kepada mahasiswa-mahasiswa yang datang untuk ngopi disana. Menurut gue ini sangat berguna sebagai alarm dalam berkehidupan, sekalipun gue sudah tahu atau telah menerapkan wejangan yang gue dapat dari beliau, tapi sebagai manusia terkadang kita sering lalai, mungkin karena kenikmatan yang sesaat ini atau lain sebagainya, menurut gue ini bisa menjadi alarm untuk gue bangun dari tipu muslihat dunia, dan kembali kejalan yang benar. 

Sedikit rangkuman segelas kopi hitam kaya wejangan pagi ini. “Mungkin waktu kita lebih banyak habis mengomentari, menanggapi, berdebat, bahkan meributkan hal-hal yang mungkin tidak sepenuhnya kita pahami. Teramat penting untuk memahami persoalan, terlebih isi yang akan kita bicarakan. Ketika tidak memahami persoalan memungkinkan masalah tidak terselesaikan, justru malah bertambah. Kurang pahamnya kita akan konteks yang dibicarakan dan ketidaklengkapan informasi yang kita terima, terkadang membuat kita jadi berburuk sangka, sehingga akan menimbulkan energi negatif dan berdampak kurang baik untuk aktivitas sosial kita sendiri.” Mungkin sebagian dari kita sering meributkan hal yang sepenuh kurang kita pahami ataupun menerima informasi mentah-mentah tanpa crosscheck terlebih dahulu dari sumber yang berbeda, menurut gue ada baiknya kita terima terlebih dahulu informasi yang kita dapat untuk kita cari tahu kebenarannya sambil memberi gestur dan respon positif kepada lawan bicara kita, seraya kita berkata jujur jika memang kita kurang memahami akan hal yang dibicarakannya, tidak ada salahnya jujur daripada kita terlalu dini untuk percaya tanpa tahu kebenaran sebenarnya akan informasi tersebut. Hal ini sendiri menjadi alarm untuk gue lebih baik lagi kedepannya dan lebih berhati-hati dalam menerima informasi ataupun memberi reaksi.😊

Dimulai dari tegukan terakhir dari gelas kopi ini hingga beberapa waktu kedepan menjadi komitmen gue untuk lebih banyak meluangkan waktu dalam bermuhasabah (menelisik diri), karena cara paling selamat dalam menyikapi berbagai persoalan adalah dengan meluangkan waktu untuk berhening, berdialog diri, memaknai tujuan hidup, dan mengkaji kesejatian diri.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)