30 December 2011

Seandainya saya Anggota DPD RI : Perubahan Menuju Kesejahteraan

Menjadi wakil rakyat bukan perkara yang mudah, dibutuhkan kerja keras dan usaha kuadrat untuk menjawab kepercayaan yang telah rakyat berikan. Kepercayaan merupakan amanat yang diberikan rakyat kepada wakil terpilih, yang diemban sebagai wakil dari suara atau aspirasi rakyat.

Seandainya saya anggota DPD RI, setiap pekerjaan yang saya jalankan hanya untuk rakyat, karena semua hal yang saya lakukan selalu berlandaskan kepercayaan yang diberikan rakyat kepada saya. Oleh karena itu, kontribusi terhadap daerah, merupakan hal wajib yang harus saya berikan, dilain sisi sulitnya menyatukan beragam keinginan dan opini masyarakat menjadi suatu kesatuan akan menjadi tantangan tersendiri bagi saya dalam bekerja.

“Perubahan”, merupakan kata yang hukumnya wajib saya lakukan, baik dari segi pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan lain-lain. Semua aspek tersebut wajib saya sentuh, dan saya pastinya akan melakukan perubahan 180 derajat pada segala aspek, tapi semua ini butuh proses, semua ini tak sesingkat awan menjadi hujan, karena untuk melakukan perubahan itu tak lepas dari yang namanya proses, dan hendaknya masyarakat juga masuk dalam proses tersebut, serta mengawasi jalannya pembangunan.

Seandainya saya anggota DPD RI, tiga hal utama dan pertama yang akan saya wujudkan ialah di sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Hal utama yang harus dibenahi ialah perbaikan dibidang pendidikan dan kesehatan, bila kedua aspek ini sudah terbenahi maka saya akan menjamin perekonomian suatu daerah juga akan ikut terbenahi.


Perubahan nyata yang akan saya lakukan, pertama melakukan pemerataan di bidang pendidikan, dimana pendidikan merupakan pilar utama untuk mewujudkan pribadi rakyat yang dewasa, berwawasan, dan memiliki pola pikir yang jauh ke depan, serta pendidikan merupakan langkah tepat untuk menjawab akan tenaga kerja yang berkualitas dengan ketatnya persaingan di pasar global, jangan sampai rakyat menjadi budak di negerinya sendiri, oleh karena alasan-alasan itulah pendidikan harus diutamakan. Kedua, kesehatan merupakan salah satu tolak ukur majunya suatu daerah. Jika kesehatan rakyat telah terayomi secara keseluruhan, otomatis rakyat tidak khawatir bila nanti mereka sakit karena menjalankan aktivitas harian mereka, dengan demikian aktivitas perekonomian masyarakat akan berjalan normal. Di sektor kesehatan ini saya akan berusaha untuk mengusulkan kepada pemerintah suatu program kesehatan gratis yang bukan hanya sekedar omdo(omong doang), dengan menyisihkan sebagian anggaran untuk kesehatan. Kenapa kesehatan penting? Karena, bila masyarakat sehat, semua aktivitas akan berjalan lancar, dengan demikian akan muncul suatu kesinambungan di setiap aspek kehidupan. Dan terakhir, di sektor ekonomi. Ekonomi suatu daerah akan berjalan bila suatu daerah memiliki SDM yang berkualitas. Bagaimana mewujudkan SDM yang berkualitas? Ya, dengan pendidikan dan kesehatan. karena, perekonomian suatu daerah akan berjalan baik bilamana aktivitas rakyat didukung dengan kemapanan ilmu dalam menjalankan aktivitas perekonomian, dan tak hanya itu perekonomian suatu daerah juga akan berjalan dengan baik, bilamana masyarakat suatu daerah bisa menjalankan aktivitasnya dengan kondisi yang fit, konsentrasi, dan optimal dalam bekerja, oleh karena itu kesehatan harus ditekankan disini.

Ketiga hal tersebut adalah hal pokok yang akan saya lakukan seandainya saya menjadi anggota DPD RI, dan ketiga hal pokok tersebut mempunyai bagian-bagian program yang tak lain untuk kesejahteraan rakyat. Tapi, hal itu tak  akan terealisasi dan terwujudkan tanpa dukungan dari masyarakat, oleh karena itu peran masyarakat dalam mengawasi sangat dibutuhkan.

5 comments:

  1. memang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan merupakan 3 pondasi utama dalam pembangunan sebuah bangsa yang sehat, cerdas, berkualitas

    ReplyDelete
  2. Pendidikan memang harus dinomor satukan dalam masyarakat, karena intelektualisasi masyarakat merupakan salah satu faktor kesejahteraan masyarakat.

    ReplyDelete
  3. wow..
    amazing banget..
    salut gue ama lo sal..
    :D

    ReplyDelete
  4. Perubahan nyata yang akan saya lakukan, pertama melakukan pemerataan di bidang pendidikan,<---menarik sekali..semoga sukses menjadi anggota DPD RI ya....

    ReplyDelete

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)