14 April 2010

Mengenal Dreamweaver dan Layout

Dreamweaver (dulu milik dari macromedia namun sekarang menjadi milik dari Adobe) merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe Systems adalah versi 10 yang ada dalam Adobe Creative Suite 4 (sering disingkat Adobe CS4).

Kita tidak harus berurusan dengan tag-tag HTML untuk membuat sebuah situs karena sudah disiapkan secara instant seperti membuat Table, Membuat Hyperlink, Memasukkan Gambar, termasuk memasukkan Flash Animasi, dll. Dreamweaver tidak hanya dapat digunakan oleh para desainer web, namun juga dapat digunakan oleh programer untuk membangun halaman internaktif karena Dreamweaver mendukung pula PHP, ColdFusion, ASP.NET dan lain-lain.


Gambar 1 . Tampilan LogoDreamweaver.


Gambar 2 . Tampilan / Layout Dreamweaver.


Berikut ini penjelasan untuk elemen-elemen workspace seperti yang telah tertera pada gambar.

- LEMBAR KERJA DREAMWEAVER adalah tempat di mana Anda dapat membuat halaman web secara visual, kode, atau keduanya.
- INSERT TOOLBAR adalah tempat Anda dapat memasukan image, Flash movie, table, atau elemen lain. Untuk memunculkan panel ini, klik Windows > Insert atau tekan Ctrl-F2.
- PENGATURAN HALAMAN berguna untuk melakukan pengeditan pada suatu elemen di Document Window.
- PANEL GROUP merupakan kumpulan dari panel-panel Dreamweaver.



No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)