17 March 2010

PERBEDAAN NETBOOK DAN NOTEBOOK

Tadi malam aku sempat melihat suatu produk yang bernama netbook di salah satu media, yang selama ini aku anggap sama saja dengan notebook, setelah aku baca lebih lanjat ternyata 2 produk ini memiliki perbedaan gan, berikut perbedaanya :

1. Fungsionalitas : ini adalah perbedaan yang paling mendasar. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker. Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk beinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video dan gambar.
2. Ukuran : Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7 -10 inch, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inch dan maksimal 17 inch. Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inch. Kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi. Ketersediaan input dan output di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB. Alasannya karena netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya lebih condong ke content consumption.
3. Harga : Rata-rata netbook dibanderol di kisaran 2,5 juta sampai 4 juta rupiah sedangkan notebook minimal 4,5 juta rupiah.

1 comment:

  1. ow,, gitu ya,, jadi paham ni,,, makasih ya sob info nya,,,,

    ReplyDelete

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)