20 March 2010

Mengenal Jenis File

Jenis file digunakan untuk mengidentifikasi suatu data/file. Jenis file yang jelas akan memudahkan kita dalam memilih file yang akan digunakan. Jenis File yang digunakan dalam komputer ada beberapa macam, namun yang sering dijumpai antara lain jenis file gambar, suara, dan teks, data perhitungan, lagu, video, dan lain sebagainya. Beberapa contoh dari jenis file tersebut antara lain sebagai berikut.

a. File config.sys, file ini berisi intruksi-intruksi yang dipakai untuk menyesuaikan ara kerja sistem komputer. Pada saat memulai kerja suatu komputer atau pada saat meneruskan operasi yang gagal, file config.sys selalu dibaca oleh sistem operasi.
b. File AFM, file ini berisi berbagai macam jenis huruf yang biasa disebut font. Kepanjangan dari AFM adalah Adobe Font Mertics.
c. File .COM merupakan file yang relatif kecil dibanding dengan file .EXE. sebagai contoh, file Command.com bertindak sebagai pemroses perintah DOS.
d. File autoexec.bat mempunyai kepanjangan automatically executed batch, berfungsi untuk menyiapkan sistem, menyesuaikan kebutuhan software dan periferal, mengatur tampilan DOS, menentuka spesifikasi, memberitahukan DOS tentang direktpri yang harus dicari saat mencari program yang akan dijalankan, menyusun port serial, memanggil driver mouse, memulai utility dan program memori resident yang diakses komputer secara bergantian setiap kali komputer aktif atau mengaktifkan ulang komputer.


3 comments:

  1. kurang lengkap niih, tapi nggak apa apa buat nambah nambahin isi otak

    ReplyDelete
  2. yeah, emg kurang lengkap kang,
    yang umum2 aja !!!

    ReplyDelete
  3. O begitu ya.. baru tau aku sob... btw, kok cman itu aja sob? pengen tau lebih banyak nih

    ReplyDelete

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)