23 February 2010

Pinta, Aplikasi Edit Foto Khusus Linux

Apakahh Anda masih ingat dengan Paint.net ? Kini versi linuxnya telah beredar di dunia maya yaitu Pinta.

Kelebihan Pinta terletak dari penggunaan Cairo dan GTK Libraries. Cairo merupakan kemampuan olah grafis dua dimensi yang cukup diandalkan. Sedangkan GTK liberaries merupakan kemampuan aplikasi untuk terhubung pengguna windows.

Selain itu, pinta diperkuat pula dengan fitur macam multiply layers dan history. Kedua fitur ini memudahkan pengguna ketika mericek kembali hasil editan.

Adapun fitur lain yang ditawarkan dari Pinta, tools yang biasa terdapat pada Photoshop seperti paintbrush, pencil, shapes, eraser dan selections, serta fitur adjustments dan efek seperti invert, sepia, black and white, dan auto level.

Perlu diketahui, notebook jaman sekarang nampaknya lebih akrab menggunakan aplikasi open source ketimbang aplikasi berbayar yang cenderung berat dan rumit. Hal itu ditandai dengan munculnya ragam aplikasi open source yang kian menarik dan layak untuk dicoba.

Bagi Anda pengguna di luar linux dan tertarik mencoba Pinta, jangan kecewa dahulu. Pasalnya, bila anda pengguna windows cukup menginstall GTK runtimes dan khusus pengguna Mac cukup menginstall Mono for Mac. Bagaimana tertarik? Gratis lho. . . !!!

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)