27 December 2009

Payung


Bagi kita, menggunakan payung pada saat cuaca hujan terasa wajar dan masuk akal. Tetapi, pada awalnya payung diciptakan sebagai pelindung dari terik matahari, bukan sebagai pelindung dari hujan. Tidak ada seorang pun tahu pasti siapa yang pertama kali menciptakan payung, tetapi sebenarnya payung telah digunakan sejak zaman kuno. Barangkali, payung pertama kali digunakan oleh bangsa china, pada sekitar abad ke-11 SM.
Peradaban Mesir Kuno dan Babylonia pun memanfaatkan payung sebagai pelindung dari matahari. Ternyata ada hal aneh dibalik penggunaan payung pada zaman itu, yaitu payung sebagai lambang otoritas. Di Timur Jauh, pada zaman kuno, payung hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan atau para pejabat tinggi.
Di Eropa, bangsa Yunani adalah yang pertama menggunakan payung sebagai pelindung dari terik matahari. Tetapi, ada pendapat yang menyebutkan bahwa yang pertama kali menggunakan payung sebagai pelindung dari hujan adalah bangsa Romawi Kuno.
Pada Zaman pertengahan, payung hilang sementara dari peredaran. Selanjutnya payung muncul kembali di Italia pada akhir abad ke-16. Pada tahun 1680, payung hadir di Perancis, dan kemudian di Inggris. Pada abad ke-18, di sebagian besar di wilayah Eropa, payung telah digunakan sebagai alat pelindung dari hujan.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)