31 August 2009

CARA MENGHADAPI E-MAIL TIPUAN

Email bohong yang bernada tipuan atau hoax banyak berkeliaran di internet. Email bohong bisa tiba-tiba nyelonong masuk ke mailbox siapapun juga. Maka dari itu tidak salah memperhatikan pesan dari Bung Napi, WASPADALAH !!!
Seperti ditulis di telkom.net, setidaknya ada empat macam dari jenis email hoax. Biasanya terbagi dalam ciri besar seperti foto palsu (hiu memakan helikopter,kucing monster, pria yang dipotret beberapa detik sebelum pesawat menabrak gedung World Trade Center). Ada pula yang berupa surat berantai dengan isi beragam baik itu ancaman, permintaan atau janji untuk memberikan uang. Model lain yang juga banyak berkeliaran adalah cerita-cerita yang bohong. Yang paling berbahaya disebut dengan “phising” .
Anda harus sangat waspada dengan phising, sebuah jenis kejahatan baru yang berniat untuk mendapatkan data pribadi yang penting tentang rekening anda di sebuah bank. Penjahat phishing akan mengirim email berpura-pura dari sebuah bank besar. Biasanya mereka akan berbohong menyebutkan demi alasan keamanan sedang mengganti PIN internet banking anda. Jika anda memasukkan nomor-nomor penting tentu saja akan memasukkan ke database mereka. Maka itu jangan pernah merespon email phishing!
Bagaimana menyikapi email hoax? Pertama anda anggap saja cerita maupun foto bohongitu sebagai hiburan. Sebagian besar orang memang akan percaya dan karena menganggap menarik akan langsung men-forward ke rekan-rekannya. Hindari hal ini, bersikaplah bijaksana. Tertawalah dan pikir ulang sebelum mengirim ke teman atau relasi.
Singkatnya, setiap menrima email seperti itu langkah anda adalah:
  1. Skeptis. Jangan terlalu peduli.
  2. Tahan niat untuk mengirimnya ke teman.
  3. Kerjakan saja pekerjaan anda dan jika anda tidak punya kerjaan dan penasaran cek saja kebeneran pesan itu.

13 comments:

  1. nice post Sobat..., hal ini memang sangat sering terjadi, bahkan saat inipun mailbox kita masih mendapat email seperti itu. tips seperti ini sangat dibutuhkan, paling tidak untuk mengingatkan kita yang sering mendapat email tipuan. Thanks and Success for you...

    ReplyDelete
  2. infonya bagus banget
    makasih ya
    lo ada yg baru kabari aku

    ReplyDelete
  3. Link Udah terpasang Sob, monggo direview
    weleh kang doyok'ik ndisik'i aku

    ReplyDelete
  4. yapp. setuju sama informasinya... dalam setiap keadaan seperti sekarang kita memang dituntut untuk selalu WASPADA!!!

    ReplyDelete
  5. yups benar sekali, cuekin aja dan kita tetap waspada.

    ReplyDelete
  6. email spam g pernah gubris aku haha.
    bahaya tuch kalo phising

    ReplyDelete
  7. aku pernah juga dapat email nyasar,tapi ga aku ladenin

    ReplyDelete
  8. informasinya aktual, tazam, terpercaya
    mantep & sukses gan

    ReplyDelete
  9. atau biarin aja sampai nukpuk dan jangan pakai dibaca tetapi langsung hapuuuuuuuuuus

    ReplyDelete
  10. kok susah amat sih ya pingin komentar aja

    ReplyDelete
  11. ha...Email spam diAKU sehari bisa nyampai 55 an Bos Cape deh///

    ReplyDelete
  12. wah sering bgt tuh dapat email seperti itu yang katanya dari Bank besar di Luar negeri yang mengatakan saya mendaatkan beberapa ribu dolar..haha saya cuma dapat tertawa aja.. lah kan ga mgkn bgt dapet duit, orang saya ga pernah berhubungan dengan Bank itu...

    ReplyDelete

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)