10 June 2009

Tips Mengirimkan E-Mail Beretika

Tidak jarang terjadi beberapa hal yang cukup mengganggu dalam berkomunikasi dengan menngunakan e-mail ini, mengingat mereka yang menerima e-mail, besar kemungkinan tidak mengenal emosi sang penulis. Bisa-bisa ketika anda menuliskan sebuah e-mail dengan emosi yang gembira, sang penerima pesan anda malah tersinggung.
Untuk itu, ada baiknya sedikit tips ini bisa digunakan sebagai pedoman dan pelengkap informasi sebelumnya.

Gunakan subject atau judul e-mail anda dengan singkat dan menggambarka isi e-mail tersebut.
Hindari penggunaan huruf besar dengan berlebihan. Penggunaan huruf besar lebih cenderungmenggambarkan tekanan atau rasa marah seseorang atau mengejek penerima e-mail. Gunakan huruf besar seperlunya, misalnya untuk penekanan terhadap sesuatu.
Saat ini e-mail masih dianggap sebagai metode komunikasi informal, komposisi email anda akan merefleksikan pengetahuan dan kemampuan anda. Jadi hindari kesalahan ketik, menggunakan struktur kalimat yang amburadul karena jika itu anda lakukan sama halnya menunjukkan kebodohan anda kepada orang lain.
Ketika mengirim attachment berukuran besar, mintalah persetujuan dari penerima lebih dulu. Jika penerima punya koneksi internet yang lambat mereka jelas butuh waktu lama untuk me-download. Dan jika mailbox penerima mendekati penuh kapasitasnya, bisa jadi menghambat masuknya e-mail lainnya.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)