10 June 2009

Cara Menampilkan Berita Di Blog

Saat ini berbagai situs media massa sudah menyediakan dukungan terhadap RSS(Really Simple Syndication) sehingga dimungkinkan untuk diadopsi atau ditayangkan situs lain. Contoh nyata dapat kita lihat di situs Yahoo! Versi Indonesia yang terletak di www.yahoo.co.id. Di halaman pertama situs tersebut tampil informasi berita yang berasal dari situs www.kompas.com. Apabila judul berita dipilih web browser (Mozilla, Internet Explorer, Opera, Safari, dan lainnya) akan menampilkan halaman berita tersebut di situs Kompas.com.
Apabila anda mempunyai situs media massa favorite, berita-berita yang anda inginkan dapat anda tampilakan pada blog anda dengan mengetahui alamat RSS dari situs tersebut. Berikut terdapat beberapa media massa yang menyediakan rss untuk konten beritanya antara lain:
untuk menampilkan berita tersebut anda dapat menggunakan elemen yang telah disediakan oleh penyedia Blogspot, maka langkah-langkah yyang harus dikerjakan antara lain:
1.       Pertama-tama, masuklah ke halaman layout atau tata letak. Selanjutnya pilihlah link “Add a page Elemen” untuk menambahkan elemen berita di dalam Blog.
2.       Selanjutnya akan muncul jendela baru yang berisi daftar elemen-elemen halaman untuk blog. Pilihlah elemen halaman “Feed” dengan menekan tombol ”Tambahkan ke Blog” atau “Add to Blog”.
3.       Anda akan diminta untuk memasukkan alamat (URL) dari RSS media massa yang telah dipilih sebelumnya. Sebagai contoh, pada tampilan di bawah ini kita coba memasukkan alamat http://www.kompas.com/getrss/cetakutama untuk menampilkan berita-berita utama dari edisi cetak surat kabar Kompas. Setelah pengisian tersebut, tekanlah tombol Continue untuk melanjutkan proses.
4.       Anda dapat mengganti judul (Title) elemen jika dibutuhkan. Kemudian tentukan pula jumlah judul yang akan ditampilkan. Dan anda juga dapat menambahkan tanggal dan penulis melalui kotak cek item dates dan item sources/authors. Tampilannya bisa dilihat di kotak preview . seebagai pamungkas tekanlah tombol Save atau Simpan. Selamat mencoba ...!!!

Bookmark and Share



6 comments:

  1. informasinya sangat membantu kang,sukses always and salam kenal

    ReplyDelete
  2. terima kasih mas buat infonya
    pas bgt dengan yang saya lagi butuhkan....
    salm kenal mas dari saya :D

    ReplyDelete
  3. artikel yang bermanfaat sekali, terimakasih dan salam kenal dari saya putrago, kalo ada waktu luangkanlah mampir ke blogku. salam

    ReplyDelete
  4. gan.. tukeran link yaa,, link mu dah ku pasang di blogku ,, silahkan di cek ..

    thanks

    ReplyDelete

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)