01 May 2009

OpenOffice Mulai Lirik Oracle

Mengikuti jejak Sun Microsystems yang berhasil diakuisisi oleh Oracle, kini OpenOffice juga mulai melirik Oracle. OpenOffice dan Sun sendiri memang memiliki kaitan, terutama dalam proyek desktop open source yang dimulai oleh Sun Microsystems dan memiliki andil besar di dalamnya.
Melalui sebuah surat terbuka yang ditujukan kepada Larry Ellison (eksekutif Oracle), OpenOffice sepakat meminta Ellison untuk menginvestasikan sertifikat dan menambah dukungan penjualan OpenOffice. Langkah tersebut ditempuh guna mengantisipasi dominator sang kompetitor, Microsoft Office.
Solveig Haugland (salah satu penulis OpenOffice.org Guidebook dan pemilik GetOpenOffice.org) mengatakan bahwa jumlah pendapatan partner dan korporat tidak hanya berasal dari penjualan produk, namun juga dari asosiasi layanan dan produk add-on. Hal tersebut tentunya akan berdampak terhadap pasar OpenOffice.org yang lebih besar dan akan menguntungkan pihak Oracle.
Di lain pihak, Oracle menyatakan belum memiliki rencana untuk mengusung OpenOffice layaknya Sun Microsystems, Charles Phillips (Presiden Oracle) melalui Town Hall pada minggu lalu, tidak berkomentar perihal di database mana produk atau project Sun akan ditempatkan. Sementara itu, OpenOffice 3.1 versi final akan segera dirilis bulan Mei dan dijanjikan akan banyak mengadopsi fitur-fitur anyar. sumber: infokomputer.com

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)