18 January 2009

Seputar Alexa rank

Kita tahu bahwa alexa rank sering digunakan untuk menakar otoritas sebuah blog. dan sekarang saya akan mengupas sedikit tentang alexa. 
Alexa adalah nama sebuah situs milik Amazon menilai rangking seluruh situs (tentu saja termasuk blog) di internet berdasar jumlah pengunjung (trafick) yang masuk ke situs tersebut. Sebagaimana sistem rangking, semakin kecil nilai alexa yang didapat sebuah blog, akan semakin bagus rangking alexanya. Hal itu berarti semakin besar pengunjung situs tersebut. Biasanya para blogger dengan bangga akan membuat pengumuman atau artikel khusus jika blognya menembus angka empat digit pada rangking alexa (jumlah ribuan). Release terakhir dari situs ini mengatakan bahwa Yahoo dan Google  ada di peringkat tertinggi dengan masing-masing menempati posisi satu dan dua.
Memang ada beberapa pihak yang memerdebatkan kesahihan dari pengamatan situs ini, sehingga banyak orang yang lebih senang menggunakan ukuran pagerank untuk menilai sebuah situs. Namun hingga kini program alexa ini tetap penting dan menjadi salah satu istilah paling populer dalam jagat internet. Kalau anda ingin mengukur rangking alexa blog anda atau blog-blog lain yang tidak mencantumkan tool alexa, anda bisa mencantumkan alat pengukurnya di browser anda.
Banyak orang yang mengklaim dapat mencurangi Alexa, di antaranya dengan widget, Alexa toolbar, redirect, merefresh halaman dsb, namun secara FAKTA hal ini tidak terbukti benar.
Contoh :
- Dengan menggunakan Alexa toolbar (Internet Explorer) atau Alexa Sparky (Mozilla Firefox) lalu merefresh halaman hingga ratuan kali maka rank alexa akan membaik.
Cara di atas masih sangat meragukan karena pernah ada netter luar negeri melakukan percobaan dengan membuat 1 website dengan sedikit halaman, website tersebut tidak diberitahukan ke public umum alias tidak ada yang datang ke websitenya selain ia sendiri. Lalu ia merefresh halaman website tersebut and tidak lupa juga menggunakan Alexa Toolbar, bahkan karena rankingnya tidak membaik secara drastis ia mengundang beberapa orang untuk merefresh halaman tersebut sebanyak-banyaknya, namun kenyataannya? ranking alexa nyaris tidak membaik seandainya membaik juga tidak banyak.
- Dengan menggunakan redirect Alexa, yaitu : http://redirect.alexa.com/redirect?marketingscoop.com diklaim dapat meningkatkan ranking Alexa.
Mungkin ini ada benarnya karena dengan melakukan redirect Alexa, maka juga melakukan boot ke Alexa dan mempercepat ranking, namun cara ini masih pro & kontra..
Bagaimana dengan orang-orang yang katanya berhasil dengan cara ini?
Yap mungkin saja Alexa bisa diakali tapi kebanyakan mereka bersifat subjektif terhadap cara ini artinya mereka melakukan percobaan di situsnya yang cukup bahkan sudah ngetop dan dikunjungi oleh banyak orang, sehingg ranking Alexa yang naik drastis diklaim berhasil menjahili Alexa, padahal memang pengunjungnya sudah banyak. Maka itu cobalah gunakan website yang masih baru ketika melakukan percobaan untuk mencurangi Alexa rank.
Lalu kenapa Alexa tampaknya tenang-tenang saja dengan metode ini?
Yap, mungkin saja dengan adanya kontraversi ini maka Alexa semakin ngetop, terutama dari sisi Toolbarnya, bukankah salah satu cara mendongkrak popularitas adalah membuat suatu hal yang bersifat kontraversi...?
Btw ada juga nih salah satu kesaksian dari cara mencurangi ranking Alexa, alamatnya di sini
Kesaksian tersebut menjelaskan bahwa Alexa rank tidak mudah untuk dicurangi...
Nih dengerin juga kata Alexanya sendiri kalau mau rankingnya bagus :
http://www.alexa.com/site/help/traffic_learn_more
3. Kepercayaan Para Vendor
Yang paling mencolok adalah kenapa sih jika ingin mendaftar ke Text Link Ads dsb yang dilihat adalah peringkat Alexa ranknya..??? Kenapa tidak page ranknya Google saja...?? Google khan perusahaan besar dan terkenal... bahkan lebih terkenal dari Alexa??
Yap seperti yang dijelaskan di atas, Alexa mempunyai perhitungan yang lebih syariah.
Fakta...???
Ranking Situs
Gambar di atas saya print screen dari sebuah situs promosi berita (seperti Digg.com atau LintasBerita.com). Kalau diperhatikan khan rada aneh... page ranknya 3 tapi kok Alexa ranknya 10 jutaan.. and umur situs ini udah lama loh padahal salah satu website yang saya buat umurnya kurang dari 1 bulan mempunyai page rank 0 dan Alexa 4 jutaan.
Nah ketidak kompakan perhitungan tersebut karena website tersebut adalah website berita dan mempunyai banyak backlink tapi akhir-akhir ini situsnya sepi, dan otomatis Alexanya akan drop jauh, namun Google tidak menghitung demikian...
Fakta lainnya coba dech baca ketentuannya Alexa yang diambil dari http://www.alexa.com/site/help/traffic_learn_more.!

1 comment:

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)