11 December 2008

KONEKSI KE INTERNET

Untuk koneksi ke Internet ada berbagai tipe koneksi, disini penulis akan menjelaskan berbagai tipe koneksi tersebut, ya....!!! mungkin dulunya anda mengalami kesulitan dengan hal tersebut. Selengkapnya baca article di bawah ini.

A. BERBAGAI TIPE KONEKSI KE INTERNET

1. Jaringan Komputer ( LAN )

Menghubungkan internet melalui LAN biasanya banyak dilakukan di perusahaan, laboratorium, sekolah, warnet, dan sebaginya.
Agar dapat mengakses internet melalui LAN, komputer yang kita gunakan harus terhubung dalam jaringan tersebut dan harus memiliki kartu jaringan ( LAN Card ).
Keuntungan amelakukan akses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses lebih murah, kelemahannya adalah jika sedang melakukan akses yang , akses akan menjadi lambat, terlebih jika bandwidth yang ada terbatas.

2. Saluran Telepon Langsung.

Saat ini Telkom telah menyediakan layanan akses internet yang disebut dengan TelkomNet Instant dengan menggunakan nomor akses 080989999 dengan user ID ”telkomnet@instant” dan password ”telkom”. Layanan ini dapat digunakan di seluruh Indonesia dengan pembayaran pulsa telpon lokal dan dibebankan pada pembayaran telpon kits detisp bulannya.

3. Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)

Koneksi ke internet dengan teknologi ADSL memungkinkan kita mendownload data-data dari internet dengan lebih cepat dan efisien.
Kelebihan lain sambungan ke internet tidak akan terganggu meskipun ada telepon masuk atau keluar, begitu juga sebaliknya.
Kelemahan dari teknologi ADSL adalah harga modem yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan modem untuk dial-up. Untuk dapat menggunakan ADSL, kita harus menyediakan modem ADSL, dan juga terdaftar sebagai pelanggan ISP yang menyediakan layanan koneksi menggunakan teknologi ADSL.

4. Jaringan TV Kabel.

Akses internet menggunakan jaringan TV kabel merupakan pilihan tepat bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga karena dapat mengakses internet bersama-sama. Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk akses ini sudah satu paket dengan layanan TV kabelnya. Kelebihannya kita dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk. Kelemahannya hanya tersedia di kota-kota besar.

5. GPRS (Geeneral Packet Radio Service)

Adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio dan merupakan teknologi komunikasi nirkabel generasi dua setengah. GPRS mempunyai kelajuan transfer data yang cepat. Sistem tarif layanan GPRS dilakukan berdasarkan besarnya data yang ditransfer. Kelemahan dari GPRS adalah harga layanan relatif mahal.

6. WiFi (Wireless Fidelity)

Adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi muntuk mengirim data.
Ada tiga komponen yang terdapat dalam sebuah lokasi hotspot, antara lain sebagai berikut :
a. Access Point (Titik Akses), adalah perangkat yang menghubungkan teknologi Wireless LAN
dengan Ethernet yang terdapat di computer.

b. Access Controller (Pengendali Akses), adalah perangkat yang berfungsi sebagai alat
autentifikasi, mengecek apakah seseorang pengguna merupan orang yang mempunyai hak
atau izin untuk melakukan akses.

c. Internet Link, adalah perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet.

Kelemahan dari akses internet dengan WiFi adalah akses ini hanya dapat dilakukan pada daerah sejauh 100 m dari titik poin, seperti di hotel, kampus, kafe, bandara, dan tempat umum lainnya. Kelemahannya adalah masalah keamanan data.

7. Wireless Broadband ( WiBro )

WiBro adalah teknologi nirkabel , masih dalam pengembangan di beberapa negara dan di Indonesia belum dipasarkan.

8. 3G ( 3rd Generation )

Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA.
Pada operator GSM, 3G menggunakan teknologi WCDMA.
Pada operator CDMA, 3G menggunakan teknologi EDVO (Evolution Data Optimized).
Kelebihan dari akses internet menggunakan 3G , selain bandwidth yang lebar juga dapat didukung dengan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Kelemahannya adalah kita hanya bissa menggunakannya sebatas pada daerah jangkauan operator penyedia layanan, dan harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G, sedangkan harganya mahal.

B. MENGHUBUNGKAN KOMPUTER KE INTERNET

1. Menyetting Koneksi Dial-Up

Jika kita menghubungkan komputer dengan koneksi dial-up, kita harus memiliki nomer telepon, user ID, dan Password yang disediakan oleh ISP pada saat kita mendaftar menjadi pelanggan.
Cara menyetting koneksi komputer ke internet dengan koneksi dial-up, akan ditunjukkan langkah-langkah menghubungkan komputer ke internet menggunakan TelkomNet Instant, sebagai berikut :

- Dari menu Start, pilihlah Setting dan kemudian klik Control Panel. Jendela Control Panel akan
ditampilkan.

- Bila tampilan jendela Control Panel yang ditampilkan sesuai perintah, klik Switch to Classic
View di bagian kiri jendela.

- Klik Network Connections. Jendela Network Connections akan ditampilkan.

- Untuk menambahkan jenis koneksi baru ke jendela Network Connections, dalam hal ini
koneksi menggunakan dial up, di bagian Network Tasks, klik Create a new connection. Kotak
dialog New Connection Wizard akan ditampilkan.

- Klik tombol Next. Wizard untuk selanjutnya akan ditampilkan.

- Pilihlah Connect to the Internet. Kemidian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

- Pilihlah Set up my connection manually. Kemudian klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

- Pilihlah Connect using a dial-up modem. Klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

- Bila computer yang digunakan terdapat lebih dari satu jenis modem, kita akan diminta untuk memilih modem yang akan digunakan., kemudian klik tombol Next.

- Masukkan nama ISP yang digunakan: TelkomNet. Kemudian klik tombol Next. Wizar langkah selanjutnya akan ditampilkan.

- Masukkan nomor telepon untuk akses internet: 080989999. Klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

- Isikan User name dengan ”telkomnet@instant” , Password dan Confirm password dengan ”telkom’. Klik tombol Next. Wizard langkah selanjutnya akan ditampilkan.

- Untuk menambahkan shortcut TelkomNet Instant di desktop. Berilah tanda cek di kotak cek Add a shortcut to this connection to my dektop. Kemudian klik tombol Finish untuk mengakhiri proses setting koneksi yang dilakukan.

- Klik tombol Dial jika kita ingin memulai koneksi ke internet dan klik tombol Cancel jika kita belum ingin memulai koneksi ke internet.

2. Memulai dan Mengakhiri Koneksi dial-Up

Memulai hubungan komputer ke internet menggunakan koneksi dial-up dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

- Carilah shortcut TelkomNet Instant di desktop. Klik shortcut tersebut. Kotak dialog Connect Telkomnet akan ditampilkan atau dengan cara klik ikon TelkomNet di jendela Network Connection. Dapat juga dilakukan dengan mengeklik menu Start, memilih setting, dilanjutkan dengan memilih Network Connections dan kemudian mengeklik TelkomNet.

- Klik tombol Dial. Kotak dialog proses koneksi akan ditampilkan.

- Kadang-kadang proses koneksi bisa gagal. Hal ini bisa disebabkan karena jalur telepon yang sibuk. Jika hal ini terjadi, kliklah tombol Redial.

- Bila proses koneksi berhasil, akan dilakukan proses verifikasi username dan password. Tunggulah sampai proses tersebut selesai.

- Bila proses verifikasi username dan password berhasil, akan dilakukan regestrasi komputer di internet. Tunggulah sampai proses tersebut selesai.

- Bila proses regestrasi selesai, kotak dialog Connection TelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet di taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses komputer kita ke internet.

- Selanjutnya, kita bisa mulai menggunakan internet.

Apabila kita sudah selesai bekerja dengan internet, kita harus memutuskan koneksi komputer kita dengan internet agar jumlah tagihan kita tidak terus berjalan.
Langkah-langkah untuk memutuskan koneksi ke internet adalah sebagai berikut :

- Klik ikon Telkom Net di Taskbar. Kotak dialog akan ditampilkan.

- Pada kotak dialog kita dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses. Klik tombol Disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol Close untuk kembali bekerja dengan internet.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikanlah Komentar Yang Positif dan Membangun. Happy Blogging gaes !! :)